Tips Mengerjakan Soal Psikotes Secara Cepat Dan Akurat

Saat mengerjakan soal psikotes kita mengalami berbagai kendala, salah satunya kendalanya berupa ketidak pahaman kita terhadap soal yang ada. Terkadang saat mengikuti tes baik tes masuk perguruan tinggi maupun masuk ke dunia pekerjaan, kita dihadapkan dengan tes mengerjakan soal psikotes. Tes ini bersifat soal sederhana namun sedikit membuat pusing. Pasalnya soal ini selain memiliki ciri tersendiri, saat mengerjakan soal psikotes akan dihadapkan dengan waktu yang cukup sedikit. Nah disini saya akan membahas 3 Tips Jitu Mengerjakan Soal Psikotes Secara Cepat Dan Akurat.

Berikut 3 Tips Mengerjakan Soal Psikotes Secara Cepat Dan Akurat

1. Mengerjakan Soal Psikotes Dengan Tes Logika Aritmatika/Deret Angka

Soal deret angka ini biasanya terdiri dari beberapa angka. Nah tugas dari peserta tes yakni menemukan satu atau dua angka selanjutnya. Secara umum, tes deret angka ini melibatkan penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian, kelipatan, kuadrat dsb.

Tips untuk menjawab tes jenis ini, yang perlu kita lakukan adalah memahami pola yang digunakan dalam soal. Amati terlebih dahulu angka ke 1, 2, dan 3 dalam soal karena biasanya dengan 3 angka ini kita mengetahui pola yang digunakan. Untuk lebih memahami kita lihat contoh soal di bawah ini.

  • 1, 3, 5, 7, 9 ………

Kita pahami 3 angka diawal yakni 1, 3, dan 5. Selisih dari ketiga angka tersebut ditambah 2 sehingga sudah bisa dipastikan angka selanjutnya ditambah 2. Lalu kita bisa menemukan jawaban setelah angka 9 yakni 9 + 2 = 11, dan 11 + 2 = 13. Jadi angka selanjutnya adalah 11 dan 13.

  • 5, 7, 10, 12, 15 …….

Seperti langkah diatas, kita ketahui selisih ketiga angka 2 dan 3. Maka untuk angka selanjutnya setelah angka 15, yakni 17 dan 20. Untuk lebih jelasnya lihat skema berikut :

5, +2 7, +3 10, +2 12, +3 15, +2 17, +3 20

2. Mengerjakan Soal Psikotes Dengan Tes Analog Verbal

Tes analog verbal biasanya berisi pertanyaan bersifat soal cerita. Biasanya inti dari soal tipe ini melibatkan Kalibataku (kali, tambah, kurang dan bagi), atau juga melibatkan sifat sinonim (sama kata) dan antonim (lawan kata). Tips untuk menjawab soal tipe ini yakni pahami perintahnya dan perbanyak perbendaharaan kosakata. Jangan lupa satuannya dituliskan sesuai perintah yang di maksud dalam soal, sebagai contoh satuannya meter, orang, rupiah dan lain sebagainya. Untuk lebih memahami kita langsung ke contoh soal saja

  • Berapa jam yang harus ditempuh sebuah kereta dengan kecepatannya 70 Km/jam jika panjang jalan 350 Km/jam?

Jawab: untuk mengetahui berapa waktu yang akan digunakan untuk mencapai 350 Km dengan kecepatan 70 Km/jam cukup dengan membagikan kedua angka tersebut. Sehingga kita dapat 350 : 70 =  5 jam.

  • Nuri: Burung = sepat:…..

Nah untuk soal diatas kita harus mengetahui kedua makna kata soal diatas, seperti contoh diatas, Nuri : Burung, yang artinya nuri adalah jenis burung. Sehingga jika yang di soalkan adalah sepat maka sudah pasti jawabannya ikan.

  • Panas: dingin=suka:…..

Untuk soal tipe ini sama dengan contoh soal b diatas, namun jika kita lihat hubungan dari panas dan dingin adalah sifat dari lawan kata. Sehingga jika yang disoalkan adalah suka maka jawabanya duka (lawan kata suka adalah duka). Biasanya juga dalam soal untuk sinonim disimbolkan dengan =, sedangkan untuk antonim disimbolkan dengan ><

3. Mengerjakan Soal Psikotes Dengan Tes Logika Penalaran / Gambar

Untuk soal tipe ini, Tipsnya hampir sama dengan deret angka. Namun di soal tipe ini menggunakan gambar. Hal yang perlu diwaspadai adalah kemiripan dari gambar, sehingga kita perlu konsentrasi yang cukup tinggi untuk jenis ini. Biasanya kita di perintah untuk menyusun atau menemukan hal yang belum ada digambar agar sesuai dan saling berpasangan.

Demikian ulasan Tips Mengerjakan Soal Psikotes Secara Cepat Dan Akurat. Perbanyak belajar agar semakin mudah dalam menghadapi tes psikotes. Jika kurang memahami silahkan komentar dikolom bawah….

Related Posts

About The Author

Add Comment