oleh

Cara Memperbaiki Hardisk Exsternal Tidak Terbaca

Sering kali hardisk exsternal milik kita sering mengalami gangguan teknis seperti tidak terbacanya hardisk exsternal di perangkat milik kita.

Masalah ini bisa dapat disebabkan oleh masalah partisi pada drive eksternal Kamu, menggunakan sistem file yang salah, port USB mati , masalah driver di Windows, atau masalah lainnya . Dalam skenario kasus terburuk, drive itu sendiri yang mungkin hanya mati.

Kita tahu bahwa hampir semua orang mungkin pernah mengalami masalah ini. Entah kamu memiliki sebuah data penting didalamnya. Maka pilihan dan beberapa langkah-langkah di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dalam memperbaiki hardisk exsternal tidak terbaca. Jadi, mari kita lihat beberapa langkah yang akan menunjukan baik untuk USB flash drive dan hard drive eksternal yang lebih besar dalam proses memperbaiki hardisk tidak terbaca ini.

Bagaimana tampilkan Hardisk exsternal atau USB di Disk Manajement?

Untuk melakukannya, sambungkan Hardisk exsternal atau USB  kamu ke Komputer. Kemudian tunggu beberapa saat, lalu buka alat Disk Manajement. Untuk melakukannya , tekan tombol Windows + R , kemudian ketik diskmgmt.msc pada dialog Run. Dan tekan Enter untuk melihat isi hardisk eksternal.

Disini kamu akan melihat drive hardisk eksternal yang terdaftar di jendela Manajemen Disk . Bahkan jika itu tidak muncul dalam jendela komputer karena tidak mengandung partisi. Jika Kamu melihat drive hardisk eexsternal. Dan kamu dapat melanjutkan ke bagian terakhir di mana kami akan memformat dengan baik sehingga Windows atau perangkat lain dapat mengakses dan mengenalinya. Jika Kamu tidak melihat drive di sini, lanjutkan ke bagian berikutnya di mana kami akan mencoba untuk menentukan mengapa drive tersebut tidak dapat dikenali.

Membuat Windows Mengenali Drive Hardisk Exsternal

Jika Windows tidak melihat drive kamu sama sekali, mungkin ada masalah hardware dengan port USB komputer Kamu, masalah driver dengan komputer Windows Kamu, atau drive yang mati.

https://billing.exabytes.co.id/aff.php?aff=8300970
  • Pertama, cabut drive dari port USB  dan coba hubungkan ke port USB lain di komputer Kamu. Jika bekerja di salah satu port USB tetapi tidak pada yang lainnya, Kamu mungkin memiliki port USB yang mati. Jika Kamu memasang drive ke hub USB, coba untuk menghubungkannya ke komputer sebagai gantinya. Beberapa hub USB tidak akan memberikan daya yang cukup untuk drive eksternal agar berfungsi.
  • Jika drive masih tidak muncul di Disk Management bahkan setelah Kamu memakai hub USB dan ketika menghubungkan ke port USB lain di komputer Kamu, sulit untuk mengetahui secara pasti apakah drive itu sendiri yang buruk atau komputer mengalami masalah. Jika Kamu memiliki komputer lain di dekatnya, cobalah masukkan drive untuk memeriksa apakah itu terdeteksi. Jika drive tidak bekerja pada komputer manapun, pastikan untuk memeriksa kembali apakah itu muncul di jendela Manajemen Disk, dan jika hal tersebut tidak kamu maka drive itu sendiri mungkin mati dan perlu diganti.
  • Jika drive tidak bekerja pada komputer lain – atau kamu tidak memiliki komputer lain di sekitar untuk mengujinya, kamu dapat memeriksa ini menggunakan Device Manager. Untuk membukanya, tekan Windows Key + R, ketik “devmgmt.msc” dalam dialog Run, dan tekan Enter.
  • Carilah di bawah Disk drive dan periksa setiap perangkat dengan tkamu seru berwarna kuning di samping mereka . Jika Kamu melihat tkamu seru berwarna kuning , Kamu memiliki masalah driver. Klik kanan pada perangkat dengan tkamu seru berwarna kuning, pilih Properties , dan lihat pesan kesalahan yang ditampilkan. Pesan kesalahan ini dapat membantu Kamu memperbaiki masalah  dan kamu mungkin bisa melakukan pencarian Google mengenai pesan kesalahan yang Kamu temukan .
  • Kamu mungkin bisa menggunakan tombol Update Driver untuk menginstal update driver, gunakan Roll Back pada tombol Driver atau menggunakan tombol Uninstall untuk meng-uninstall perangkat dari sistem Kamu dan berharap bahwa Windows akan menginstal ulang driver dan mengkonfigurasinya dengan benar ketika Kamu menyambungkan kembali drive .
  • Partisi dan Format Drive

Kita dapat menggunakan alat Windows Disk Management untuk memperbaiki partisi dan sistem masalah file dengan drive . Jika Kamu melihat bahwa drive tidak memiliki partisi, kamu bisa membuat partisi baru di atasnya . Hal ini juga akan memungkinkan Windows dan sistem operasi lain untuk menggunakannya .

  • Untuk melakukannya , klik kanan di dalam unallocated space, pilih New Simple Volume , dan lalui langkah ini untuk membuat partisi baru .
  • Jika drive kamu dipartisi dan kamu masih tidak bisa melihat, pastikan Kamu telah menetapkan huruf drive sehingga Kamu dapat mengaksesnya di Windows. Ini biasanya terjadi secara otomatis, tetapi jika Kamu sudah secara manual men-set huruf drive , drive mungkin tidak muncul dan dapat diakses di Windows.
  • Untuk melakukan ini, klik kanan partisi removable drive , pilih Change Drive Letter and Paths , dan tambahkan huruf drive . Misalnya , tambahkan huruf G : dan removable drive akan dapat diakses di G :.
  • Jika drive tidak muncul untuk dipartisi , mungkin kamu mempartisi dengan file system yang salah. Misalnya , Kamu mungkin telah memformat drive dengan sistem file ext4 dari Linux atau sistem file HFS Plus dari Mac . Windows tidak dapat membaca sistem file ini . Formatlah drive dengan sistem file NTFS yang lebih baru atau sistem file FAT32 yang lebih tua sehingga Windows akan dapat mengenalinya .
  • Untuk memformat partisi , klik kanan , pilih Format , dan pilih file system yang Kamu inginkan .

Catatan bahwa langkah ini akan menghapus semua file pada drive.

Jika Kamu tidak dapat mengakses drive dari perangkat lain , seperti DVD player, Smart TV , konsol game , atau perangkat media center , hal tersebut mungkin diformat sebagai NTFS . Banyak perangkat , bahkan Microsoft Xbox 360 , tidak bisa membaca sistem file NTFS Windows . Mereka hanya dapat mengakses drive yang diformat dengan sistem file FAT32 yang lebih tua . Untuk memperbaiki masalah ini, format partisi NTFS sebagai FAT32 .

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed