Cara Reset Windows 10 Tanpa Harus Install Ulang

Reset windows 10 tanpa harus install ulang salah satu cara yang paling banyak dicari. Kenapa repair windows 10 dengan cara reset ini banyak diminati, karena dapat menghemat uang kita hehehe.

Lalu apa penyebab windows 10 milik kita harus mengalami repair atau reset ini. Dari kejadian yang pernah saya alami pada laptop saya.

  1. laptop mengalami lemot/loading yang amat parah
  2. untuk melakukan shutdown or restart pun susah
  3. layar menjadi blank
  4. Saat buka browser sering keluar sendiri

Menurut saya itu ada sesuatu file sistem yang rusak sehingga mengganggu kinerja laptop atau pc kita. Cara repair windows 10 dengan cara reset ini sudah ada sejak windows 8. Namun saya baru mengetahui reset ini pada windows 10.

Lalu Apa Keuntungan Reset Windows 10 Ini

Keuntungan merepair windows 10 dengan cara reset ini adalah, kita bisa memilih  tipe reset. Karena ada opsi pilihan :

Opsi Yang Pertama “Keep My Files”

Opsi ini hanya menghapus file aplikasi tambahan yang kita miliki tanpa menghapus file document milik kita baik di C maupun di D.

Opsi Yang Kedua ” Remove Everything”

Pada opsi ini dimana kita akan menghapus semua file baik itu aplikasi tambahan maupun document file kita. Namun untuk document hanya pada partici C saja.

Jadi nanti kalian bisa memilih opsi mana yang kalian gunakan, sebaiknya gunakan opsi sesuai dengan kerusakan yang terjadi saja.

Saran saya jika file document kalianmasih sedikit dan tidak terlalu penting pilih opsi yang kedua saja. Agar laptop atau pc kita benar – benar fresh kembali.

Bagaimana Cara Reset Windows 10 Ini

1. Backup Semua Data Penting

Backup semua data penting yang ada di partisi C, bisa kalian pindahkan ke partisi D. Jika ragu pindahkan file ke flashdisk or hardisk terlebih dahulu sebelum melakukan repair terhadap windows 10.

2. Masuk Ke Menu Reset

Klik pada tombol pencarian yang terletak pada sebelah star ketikkan kata RESET. Dan nanti kalian akan melihat tulisan Reset This PC, kemudian kalian klik tulisan tersebut.

Langkah selanjutnya silahkan klik tulisan Get Started, tunggu hingga masuk kemenu selanjutnya. Langkah selanjutnya silahkan pilih opsi yang ada Keep My Files atau Remove Everything, sesuai dengan kerusakan yang kita alami.

Sebelum memulai proses reset ini sambungkan terlebih dahulu kabel charger laptop kita, karena proses tidak akan berjalan jika belum disambungkan. Kalau untuk pc sudah dipastikan tidak ada pemberitahuan untuk memasang sumberdaya.

Langkah selanjutnya silahkan klik tombol reset dan proses pun berjalan. Proses ini kurang lebih memakan waktu setengah jam.

Jika proses sudah selesai tampilan akan kembali seperti baru, dan silahkan isi semua data yang diberikan oleh windows 10.

Settingan Tambahan

Ada sedikit tambahan dari saya dimana penyebab utama kerusakan yang saya alami ini yaitu update windows secara berkala yang diberikan oleh windows.

Update ini tidak bisa kita matikan permanen namun hanya bisa menunda nya saja. Namun ada baiknya sesudah kita melakukan reset windows 10, kita update terlebih dulu sistem yang ada. Dan jika sudah update silahkan klik tombol pause.

Jika kurang jelas, kalian bisa lihat video yang saya buat dibawah ini, dan jangan lupa klik tombol subscribe dan klik gambar loncengnya.

Sekian dari saya dan semoga masalah yang kalian alami terselesaikan. Silahkan tinggalkan komentar jika kurang jelas.

Related Posts

About The Author

Add Comment